10 Wawasan Tentang Website Desain Yang Perlu Diketahui

Wawasan Tentang Website Desain Yang Perlu Untuk Diketahui

Wawasan tentang website desain – Sebelum mendesain website, maka seorang desainer harus memahami terlebih dahulu cara pengguna untuk berinteraksi dengan menggunakan website, dengan cara mereka berpikir dengan pola dasar perilaku pengguna. Sebenarnya kebiasaan pengguna website tidak akan berbeda jauh dengan pelanggan toko offline. Yaitu Pengguna mencari sesuatu yang menarik kemudian mengkliknya.

wawasan tentang website desain

Kalau halaman website baru yang tidak akan cocok dengan harapan pengguna, itu mereka akan mengklik tombol kembali dan melanjutkan proses pencarian produk atau tujuan lain.

Tips website desain yang efektif

Pengguna akan menghargai website yang memiliki konten yang berkualitas tinggi dan memiliki kredibilitas. Konten website akan jauh lebih penting daripada desain yang mencolok.

Website page juga harus memenuhi harapan pada pengguna dengan memiliki beberapa fungsi dan navigasi yang jelas yang ada di website. Apa saja yang perlu diketahui untuk membuat website desain yang baik? Berikit ini ulasanya.

  1. Jangan membuat berpikir

Wawasan tentang website desain – Website page juga harus jelas secara arsitektur, visual dan navigasi agar dapat membantu pengguna dengan menemukan cara dalam mencapai tujuan ketika ingin membuka website. Jangan membuat pengguna kesulitan untuk memahami cara kerja system dan cara untuk berpindah dari halaman satu ke halaman lain di website.

  1. Jangan membuang kesabaran

Ketika menawarkan pengguna beberapa layanan seperti mengisi formulir pembuatan akun, sebaiknya meminimalkan kebutuhan pengguna dengan tidak membiarkan mereka untuk wajib mengisi formulir yang panjang bahkan jangan memaksa mereka untuk memberikan data pribadi.

Pengguna juga ingin memberikan alamat email ketika fitur yang mereka coba juga akan sangat berguna. Lebih baik membuat website desain tanpa perlu pengguna wajib berlangganan atau registrasi agar tidak mengurangi trafik websitemu.

  1. Focus pada perhatian pengguna

Memfokuskan perhatian pada pengguna kearah website tertentu dengan menggunakan elemen visual yang sangat menarik dan dapat membantu pengguna untuk berpindah dari titik A ke titik B tanpa memikirkan bagaimana cara kerjanya.

  1. Tampilan fitur website

Website dengan menggunakan tombol visual yang menarik dan navigasi yang jelas akan sangat membantu untuk mengarahkan pengguna mencapai tujuanya ketika membuka websitemu.

  1. Penulis efektif

Gaya penulisan pada website desain juga harus disesuaikan dengan preferensi dan kebiasaan browsing pengguna website. Penulis efektif untuk website sebaiknya akan menggunakan kalimat yang ringkas, atau to the point serta menggunakan bahasa yang sederhana dan obyektif.

  1. Desain sederhana

Perinsip keep it simple (KIS) harus menjadi tujuan yang utama dalam website desain. Usahakan membuat website yang tidak terlalu rumit karena pengguna akan mencari informasi di websitemu, bukan untuk menikmati desain. Desain website tanpa iklan dan konten yang berlebihan adalah keinginan dari setiap pengguna untuk website.

  1. Gunakan white space

White space akan diperlukan dalam website desain karena semakin baik website akan memberikan pemahaman yang visual kepada pengguna, semakin mudah kontenmu dilihat oleh pengguna. konten yang dipisahkan dengan white space akan mudah ditemukan oleh pengguna yang akan mencari informasi tertentu di websitemu.

  1. Bahasa yang efektif

Website desain yang baik serta memiliki konsistensi, layout dan kemudahan navigasi yang harus diterapkan pada semua elemen website. Gunakan beberapa komunikasi yang sederhana, serta jelas dan memiliki kekhasan dari perusahaan atau brandmu. Elemen-elemen desain juga harus bisa dibedakan dan tentunya sangat mudah dipahami.

  1. Konvensi penguna

Website desain yang efektif harus memahami apa yang akan pengguna harapkan mulai dari navigasi website, struktur teks dan penempatan pada kolam pencarian. Kalau konvensi dapat diterapkan dengan sangat baik, mereka dapat menemukan objek yang tidak terlalu spesifik bahkan ketika mereka tidak mengerti.

  1. Test early, test often (TETO)

Wawasan tentang website desain РPrinsip Teto ini juga  wajib digunakan pada setiap proyek website desain karena bisa memberikan insight penting tentang masalah yang berkaitan dengan layout tertentu. Masalah yang ditemukan perlu dianalisis dari berbagai sudut pandang seperti peraturan proyek, stakeholder, anggaran proyek dan lain-lain.

Untuk informasi tentang Wawasan tentang website desain dan tentang website lainya klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *